PIDATO TENTANG ILMU

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat  Allah SWT, yang telah memberi kita banyak nikmat, yang merajai hari kiamat, yang hanya karenanya kita sholat, dan  menjadikan kita sehat sehingga dapat berkumpul di tempat yang mudah-mudahan jauh dari maksiat.

  Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita ummatnya dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini. Alhamdulillah…

  Teman-temanku yang dirahmati allah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sepatah dua patah kata  yang insya allah bisa bermanfaat bagi kita  semua yaitu tentang “ Keutamaan mencari ilmu”

 

  Rosulullah bersabda:

 

Artinya: “menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim aki-laki dan perempuan”

Dari hadits diatas dapat lah kita mengambil kesimpulan bahwasanya menuntut ilmu menjadi suatu kewajiban bagi orang-orang muslim, dan tertera dalam hadits di atas kata” wajib” yang di dalam islam sesuatu amalan diwajibkan bilamana setiap orang dianggap mampu melakukannya, seperti halnya sholat lima waktu. Kemudian  sesuatu yang wajib  pula, pasti memiliki keutamaan-keutamaan yang tersirat didalamnya termasuk  dalam hal belajar.

 

  Teman-temanku yang berbahagia,

Dalam hal menuntut ilmu, setiap mukmin tentunya tidak akan meragukan lagi tentang keutamaannya dan Allah telah menegaskan dalam firmannya:

 

 

  Artinya:” Katakanlah: apakah sama antara orang-orang yang tidak berilmu dan yang berilmu? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (Az-zumar:9)

 

 

  Artinya: “…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat….( Al-mujadilah:11)

  Dari dua ayat di atas, terpampang jelas bahwasanya orang yang berilmu itu berbeda dengan yang tidak berilmu dan disebutkan pula bahwa orang berilmu diagkat beberapa derajat oleh Allah sehingga memang terlihat jelas perbedaan diantara keduanya. Contoh dalam kehidupan  nyata adalah orang yang berilmu relatif mendapat pekerjaan yang layak dan mendapat nafkah yang sesuai dengan kemaampuannya dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu, mereka kebanyakan  bingung mau kerja apa.

   Kemudian keutamaan selanjutnya ialah ilmu sebagai cahaya,  orang yang berilmu  ketika melakukan sesuatu dipastikan ia melakukannya dengan tata cara yang benar.contohnya dalam beribadah, seseorang yang melakukan ibadah tanpa didasari ilmu tentangnya dengan baik bisa-bisa bukan pahala yang ia dapatkan dari ibadahnya, melainkan dosa yang akan diperolehnya.

Maka dari itu ada sebuah hadits menyebutkan:

“ seorang yang berilmu lebih sulit digoda oleh syaitan, daripada seribu orang ahli ibadah(tapi tak berilmu)” (HR. Tirmidzi)

 

  Ayyuhal ikhwah, selanjutnya ilmu  dapat menjadikan pahala seseorang yang sudah meninggal dunia tetap mengalir untuknya di alam kubur.

Rasulullah bersabda:

 

 

 

  Dari hadits di atas disebutkan beberapa hal yang bisa membuat pahala tetap mengalir kepada seseorang walaupun ia telah wafat, dan salah satunya ilmu yang bermanfaat. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena mungkin saja semasa hidupnya si fulan tersebut selalu mengamalkan ilmunya kepada orang lain, kemudian orang yang diajarkan si fulan tadi mengajarkan lagi kepada orang yang lain, terus-menerus hingga pahala si fulan tetap mengalir walau ia sudah wafat karena ilmu nya yang bermanfaat. Oleh karena itu jika kita ingin mendapat pahala yang terus-menerus hendaknya kita berbagi ilmu kepada orang lain. Dalam mahfudzot dikatakan:

 

  Yang artinya: “ilmu yang tidak di amalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah”

  Ikhwatii fillah, marilah kita  kuatkan terus niat kita untuk sungguh-sungguh dalam belajar , ditambah lagi dengan  beberapa keutamaan yang akan kita peroleh darinya. Dan ingat untuk selalu berterima kasih kepada Allah yang telah memberikan kita banyak pengetahuan, karena pengetahuan allah itu lebih luas dari segalanya sampai-sampai laut jika dijadikan tinta saja tidak cukup untuk menuliskan semua ilmu-Nya. Allahu a’alam bisshowab

 Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.

 

 

Categories: Uncategorized | 2 Komentar

Post navigation

2 thoughts on “PIDATO TENTANG ILMU

  1. Tia Mega Utami

    Terima kasih,
    pidato.nya benar2 Bermanfaat.

  2. Alhamdulillah….sebarkan ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: